AHLAN WASAHLAN BIHUDLURIKUM-SELAMAT DATANG DI WEBSITE MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN | MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA IMAN DAN TAQWA | KELUARGA BESAR MI MURNI SUNAN DRAJAT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KESUKSESAN PADA KITA SEMUA | Hadits hari ini: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” | اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804] .

Selasa, 12 April 2016

Kunjungan Edukatif MI Murni Sunan Drajat Lamongan ke PT. SUPRAMA Sidoarjo



Belajar kelompok atau disebut juga kerja kelompok adalah bagian dari pengelolaan siswa dalam kegiatan pembelajaran PAKEM. Mengapa belajar secara aktif, kreatif, dan menyenangkan perlu bervariasi, baik dari segi penyediaan materi atau sumber belajar maupun pengelolaan belajarnya?. Anak akan merasa bosan jika mereka belajar dalam suasana monoton. Kegiatan belajar mengajar perlu memberikan pengalaman belajar yang beragam agar kegiatan belajar tetap menyenangkan dan menantang. Kegiatan membaca dan menuliskan gagasan pribadi misalnya perlu dikerjakan secara individual, latihan berdialog dengan belajar berpasangan, berdiskusi untuk memecahkan masalah perlu kerja kelompok, dan klasikal untuk mendengarkan penjelasan guru. Demikian pula belajar tidak selamanya harus di dalam kelas. Kadang-kadang mereka perlu belajar di luar kelas untuk melakukan pengamatan atau mencari suasana lain yang lebih nyaman dan lebih leluasa, apalagi jika jumlah siswa di dalam kelas terlalu banyak.
Dalam hal ini MI Murni Sunan Drajat Lamongan melalui program – program setiap tahunnya mengadakan kunjungan ke beberapa perusahaan atau tempat – tempat menarik untuk kegiatan pembelajaran siswa di luar ruang kelas sekolah. Salah satu pembelajaran Out Door MI Murni Sunan Drajat Lamongan oleh siswa kelas 5 MI Murni Sunan Drajat Lamongan yaitu melakukan kunjungan ke PT. Surya Pratista Hutama atau yang lebih dikenal dengan sebutan PT. SUPRAMA di daerah Sidoarjo , yang mana PT. SUPRAMA ini bergerak di bidang pangan yaitu berproduksi berbagai jenis macam Mie yang sudah berpengalaman lebih dari 30 Tahun dengan salah satu produk yang dikenal adalah mie Burung Dara.
Dalam kunjungan tersebut Siswa-siswi disambut dengan antusias dan gembira oleh Personalia dan beberapa staf PT. SUPRAMA, siswa – siswi di kenalkan tentang proses pengolahan mie secara langsung dari proses penyaringan bahan dasar seperti tepung terigu sampai pengemasan di dalam box hingga di distribusikan ke konsumen. Setelah melihat dan mengamati proses pengolahan mie yang sehat anak-anak di ajak berdiskusi tanya jawab tentang proses pembuatan mie, pada saat ini hampir seluruh siswa berperan aktif dalam menanyakan beberapa pertanyaan yang belum mengerti.
Setelah acara tanya jawab siswa – siswi beserta Bapak / Ibu guru memberikan kesan dan pesan dan di tutup dengan acara ramah tamah, pemberian bingkisan beserta cinderamata dari MI Murni Sunan Drajat Lamongan ke PT. SUPRAMA begitu juga sebaliknya.Banyak kesan yang didapat dari pembelajaran out door ke PT. SUPRAMA selain menambah wawasan dalam proses pengolahan pembuatan mie anak-anak juga semakin mengerti tentang jenis – jenis produk makanan sehat di pasaran. Semoga dengan adanya program pembelajaran out door ini siswa lebih bersemangat dalam belajar, lebih berkonsentrasi pada materi, membuat daya pikir siswa lebih berkembang, suasana belajar lebih nyaman, siswa lebih dapat memahami materi pelajaran, siswa lebih berani mengernukakan pendapat dan membuat siswa lebih aktif.








Subscribe to this Blog via Email :

Peta MI