AHLAN WASAHLAN BIHUDLURIKUM-SELAMAT DATANG DI WEBSITE MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN | MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA IMAN DAN TAQWA | KELUARGA BESAR MI MURNI SUNAN DRAJAT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KESUKSESAN PADA KITA SEMUA | Hadits hari ini: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” | اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804] .

Monday, 20 March 2017

Begini Cara Seru Belajar yang Menyenangkan Itu



             Senin (7/3/17) yang lalu kembali para siswa MI Murni Sunan rajat Lamongan melaksanakan Outdoor Learning (belajar di luar kelas). Program kegiatan ini disebut CTL (Contextual Teaching and Learning) II yang diikuti oleh seluruh siswa kelas satu sampai lima. Kali ini temanya berkaitan dengan kembali ke alam. Para siswa kelas satu sampai tiga mengambil tempat belajar di Sidoarjo tepatnya yakni Alas Prambon. Kegiatan ini dilakukan untuk memberi wawasan kepada para siswa tentang mengenal pertanian, perikanan dan perkebunan.
Berbagai kegiatan pun dilakukan mulai dari menanam atau bercocok tanam, memanen dan outbound yang bertujuan melatih mental dan Keberanian siswa. Dengan kegiatan diharapkan peserta semakin suka dengan konsumsi sayur mayur dan ikan di rumah, untuk melengkapi asupan gizi mereka dengan cara menanamkan rasa senang saat memetik sayur dan menjaring ikan.
Tak kalah serunya dengan adik-adiknya siswa kelas empat dan lima juga mengadakan kegiatan CTL yang bertempat di Agro Guna dan taman Tirta Dander untuk kelas empat dan ke Delta Fishing Sidoarjo untuk kelas lima.
Serunya melihat kesibukan para siswa MI Murni Sunan Drajat Lamongan kelas empat saat belajar bersama didampingi oleh pemandu dan ustadz/ustadzah membuat pupuk, menanam dan memanen sayur.  Sedangkan kelas lima juga tidak kalah serunya mereka mengikuti arahan dari pemateri dengan belajar memancing, memanggang ikan hasil pancingan dengan menghias hasil panggangan untuk dimakan bersama, dilanjutkan out bound mulai dari Flying fork sampai meniti tali.
Selain out bound di alam terbuka mereka juga mencatat segala sesuatu sesuai dengan petunjuk dan arahan para guru untuk acuan dan data membuat laporan sesuai dengan arahan dan bimbingan guru masing-masing saat di sekolah. Yang menarik, siswa-siswi juga membawa bibit tanaman sebagai oleh-oleh untuk keluarganya.
Dengan senyum terkembang ketika melihat semangat belajar para siswa di masing-masing jenjang yang luar biasa. Nufus, siswi kelas empat, mengaku senang dengan materi outdoor learning kali ini. ”Seru! Ini pengalaman saya pertama belajar membuat pupuk bersama teman-teman,” ujarnya.
”Kegiatan ini asyik dan bermanfaat,” tutur Bagas, siswa lainnya. (q-red)
 
Senam pemanasan bersama sebelum out bound
Senam pemanasan bersama sebelum out bound
Rafting siswa kelas II
 
 
 
 
 
 
 
 
 
ayooo yang kompak ya
Waduuuh jadi basah nii
Ayoo dipanen labunya,
Proses pembuatan pupuk
Berpose bersama setelah capek menanam
Aq sich nanam bayam, kalo Kamu?
Sambil rehat baca dulu yaach biar bertambah wawasan....
 
 
Ayooo menanam
Ustadzah juga gak mau kalah nii sama ananda
 
Bersama menangkap ikan
Serunya game Tangkap ikan siswa kelas IV


 

 

Subscribe to this Blog via Email :

Peta MI