AHLAN WASAHLAN BIHUDLURIKUM-SELAMAT DATANG DI WEBSITE MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN | MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA IMAN DAN TAQWA | KELUARGA BESAR MI MURNI SUNAN DRAJAT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KESUKSESAN PADA KITA SEMUA | Hadits hari ini: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” | اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804] .

Wednesday, 7 June 2017

Praktik Memandikan Jenazah


Sekitar ratusan siswa Kelas 5 MI Murni Sunan Drajat Lamongan, melakukan praktik memandikan, mengkafani, dan mensholati jenazah, yang dilaksanakan di dalam mushollah dan di halaman madrasah. Tak hanya melakukan praktik itu saja, ternyata mereka pun praktik berwudhu. Mengapa harus wudhu dan merawat jenazah dianggap penting oleh ustad/ustadzah penting buat bekal anak-anak, karena aktivitas tersebut sangatlah penting  aplikasinya di masyarakat dan wudhu juga berpengaruh kepada sah dan tidaknya sholat mereka.
Semua siswa pun tampak begitu antusias dan seluruhnya memahaminya dengan baik. Kata Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan (Ust. Abdul Kadir, S.Pd) saat praktik  memandikan, menkafani, dan mensholati Jenazah tersebut merupakan praktik bidang studi fikih yang hukumnya fardlu kifayah. Karena pada dasarnya, seluruh umat Islam wajib memahi, mengetahui, dan melaksanakannya tentang tata cara mengurus jenazah.
"Karena kematian manusia pasti akan selalu ada setiap waktu dan Allah SWT tidak memberitahu sebelumnya, kapan dan dimana manusia akan diambil nyawanya. Dengan begitu, mulai dari usia dini, manusia harus diperkenalkan belajar memandikan, menkafani, dan mensholati jenazah, supaya saat nanti hidup di masyarakat, sudah mampu mengurus jenazah, minimal sampai mensholatinya.
Pihak lembaga pun berharap, seluruh siswa MI Murni Sunan Drajat Lamongan, setelah berada di tengah-tengah masyarakat kelak, selain mampu melaksanakan ibadah fardhu, juga mampu mengurus jenazah dan juga mampu menjadi imamnya ketika kelak mereka dewasa.Amiiin (Red. Zen).





Subscribe to this Blog via Email :

Peta MI