Visi : “Mewujudkan Generasi Qur'ani, Berakhlakul Karimah,
Berprestasi, Dan Berbahasa Internasional”
Nama madrasah : MI Ma’arif NU Sunan Drajat
Status : Swasta
Akreditasi : A (Unggul)
NPSN :
69827675
NSM :
111235240002
Lama Belajar : 5 Hari (Full Day School)
Alamat madrasah : Jl. Sunan Drajat Nomor 74
Sidoharjo Lamongan
Telp. : 0322 323352
Kode
Pos : 62217
Latitude :
-7.125486
Longitude : 112.414665
Nama Kepala Madrasah : Muchayum, S.Ag
A. Kurikulum Khas
1. Pendalaman Agama dengan Amaliyah
Pendalaman Agama dengan Amaliyah diorientasikan pada pengamalan agama secara praktis sehingga mudah dilakukan oleh anak dan merupakan pelengkap dan aplikasi dari pembelajaran agama Islam di kelas.
Tujuan / Target
• Siswa hafal dengan baik dan benar doa-doa dalam amaliah sehari-hari
• Siswa hafal dengan baik dan benar surat-surat pendek dalam juz 30, 1 dan 2 dan ayat- ayat pilihan dalam Al Qur’an
• Siswa terbiasa dengan adab dan tata cara amaliyah ibadah sehari-hari dengan baik dan benar sesuai dengan tuntutan syar’i
• Siswa dapat menghayati bahwa seluruh aktivitas sehari-hari mereka memiliki nilai ibadah pada Allah SWT
Materi
• Doa-doa sehari-hari yang diajarkan oleh Rasululloh SAW
• Surat-surat pendek dalam Juz’Amma
• Surat-surat pilihan dalam Al Qur’an
• Adab-adab Amaliyah ibadah
2. Al Quran
Latar Belakang
“Rasululloh SAW bersabda : sebaik-baik kamu adalah yang belajar Al Qur’an dan yang mengajarkannya : (H.R. Muslim)
Sebagai bentuk amalan dari hadist di atas adalah MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan melaksanakan program pengajaran Al Qur’an sebagai program unggulan dan utama. Hal ini sejalan dengan tujuan YPSD Sunan Drajat Lamongan untuk menyiapkan generasi berakhlaqul karimah dan berprestasi akademis tinggi, sebagai wujud kholifatulloh di muka bumi dengan berpegang teguh kepada ajaran Al Qur’an. Oleh karena itu Al Qur’an harus diajarkan kepada anak didik sedini mungkin secara benar dan tartil serta dengan penuh kesungguhan.
Latar Belakang
“Rasululloh SAW bersabda : sebaik-baik kamu adalah yang belajar Al Qur’an dan yang mengajarkannya : (H.R. Muslim)
Sebagai bentuk amalan dari hadist di atas adalah MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan melaksanakan program pengajaran Al Qur’an sebagai program unggulan dan utama. Hal ini sejalan dengan tujuan YPSD Sunan Drajat Lamongan untuk menyiapkan generasi berakhlaqul karimah dan berprestasi akademis tinggi, sebagai wujud kholifatulloh di muka bumi dengan berpegang teguh kepada ajaran Al Qur’an. Oleh karena itu Al Qur’an harus diajarkan kepada anak didik sedini mungkin secara benar dan tartil serta dengan penuh kesungguhan.
Tujuan dan Target
1. Mendorong siswa untuk lebih mencintai Al Qur’an sebagai bacaan dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari
2. Mengajarkan siswa mampu membaca Al Qur’an dengan benar dan tartil
3. Mengajarkan siswa untuk mampu menghafal surat-surat pendek dan surat-surat pilihan
1. Mendorong siswa untuk lebih mencintai Al Qur’an sebagai bacaan dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari
2. Mengajarkan siswa mampu membaca Al Qur’an dengan benar dan tartil
3. Mengajarkan siswa untuk mampu menghafal surat-surat pendek dan surat-surat pilihan
dalam Al Qur’an
Program Pengajaran
• Kelas 1 selesai jilid 1 – 3
• Kelas 2 selesai jilid 4 – 6
• Kelas 3 selesai juz 1 – 15 serta Ghoribul Qur’an
• Kelas 4 selesai juz 16 – 30 serta teori tajwid dan dapat mengomentarinya
• Kelas 5 selesai tadarus I, juz 1 – 30 dan memperkuat hafalan surat-surat pendek dari surat Annas – Ad dhuha, persiapan tashih (ujian sertifikasi), serta khataman dan imtihan
• Kelas 6 tadarus II, hafal juz ‘amma
Program Pengajaran
• Kelas 1 selesai jilid 1 – 3
• Kelas 2 selesai jilid 4 – 6
• Kelas 3 selesai juz 1 – 15 serta Ghoribul Qur’an
• Kelas 4 selesai juz 16 – 30 serta teori tajwid dan dapat mengomentarinya
• Kelas 5 selesai tadarus I, juz 1 – 30 dan memperkuat hafalan surat-surat pendek dari surat Annas – Ad dhuha, persiapan tashih (ujian sertifikasi), serta khataman dan imtihan
• Kelas 6 tadarus II, hafal juz ‘amma
3. Bahasa Arab Tarjamah
Definisi
Bahasa Arab melalui metode tarjamah adalah pengajaran Bahasa Arab dengan menggunakan sistem tarjamah surat-surat Al Qur’an dan doa-doa yang sering dibaca dan dihafal oleh anak
Tujuan/Target
1. Siswa dapat memahami bacaan-bacaan Al Qur’an dari surat-surat pendek maupun ayat-ayat pilihan
2. Siswa mampu memahami bacaan doa sehari-hari
3. Siswa dapat menghayati makna dan hikmah yang terkandung dalam bacaan ayat Al Qur’an dan doa sehari-hari
4. Siswa dapat memahami dasar-dasar Bahasa Arab terutama bahasa Al Qur’an dan do’a Nabi.
Materi
1. Surat-surat pendek juz ‘amma
2. Surat-Surat pilihan dalam Al Qur’an
3. Do’a-do’a sehari-hari yang diajarkan oleh Rasululloh SAW
5. MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah)
MATSAMA adalah pengajaran kecakapan dasar kehidupan yang difokuskan untuk melatih dan membiasakan kecakapan-kecakapan dasar pada anak sehinga tumbuh kemandirian dalam melayani kebutuhannya sendiri
Tujuan dan Target
a. Siswa memiliki kebiasaan melayani kebutuhan pribadinya
b. Siswa terbiasa mandiri dalam kegiatan baik di sekolah maupun di rumah
a. Siswa memiliki kebiasaan melayani kebutuhan pribadinya
b. Siswa terbiasa mandiri dalam kegiatan baik di sekolah maupun di rumah
Materi
1. Melakukan pekerjaan harian di rumah dan sekolah (Makan tanpa dibantu, dll)
2. Toilet training
3. Menyiapkan alat sekolah
1. Melakukan pekerjaan harian di rumah dan sekolah (Makan tanpa dibantu, dll)
2. Toilet training
3. Menyiapkan alat sekolah
4. Cleaning training
6. Kurikulum Kemenag
Kurikulum Kemenag ini dimodifikasi
dan diperkaya sehingga dapat memenuhi kompetensi yang berkualifikasi QA dan
standar nasional, meliputi
Mathematic : Menerapkan pembelajaran dengan pendekatan “Realistic Mathematic Education (RME)
IPA / Sains : Menggunakan pendekatan SEQIP dalam proses pengajarannya
Bhs. Inggris : Menekankan pengajaran pada kemampuan komunikasi
Bhs. Indonesia : Menggunakan pendekatan Quantum Teaching dengan mengedepankan dasar berbahasa secara aplikatif
IPS : Menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam proses pengajarannya.
Mathematic : Menerapkan pembelajaran dengan pendekatan “Realistic Mathematic Education (RME)
IPA / Sains : Menggunakan pendekatan SEQIP dalam proses pengajarannya
Bhs. Inggris : Menekankan pengajaran pada kemampuan komunikasi
Bhs. Indonesia : Menggunakan pendekatan Quantum Teaching dengan mengedepankan dasar berbahasa secara aplikatif
IPS : Menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam proses pengajarannya.
7. Tenaga
Pendidik
Tenaga pendidik yang mendidik dan membina di MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamonganmemiiki kualifikasi sebagaimana berikut:
1. Lulusan SI yang lulus seleksi komitmen dan kompetensi
2. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun
3. Seorang Mudaris yang Morobbi (pengajar yang pendidik)
Tenaga pendidik yang mendidik dan membina di MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamonganmemiiki kualifikasi sebagaimana berikut:
1. Lulusan SI yang lulus seleksi komitmen dan kompetensi
2. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun
3. Seorang Mudaris yang Morobbi (pengajar yang pendidik)
8. Kegiatan
Belajar Mengajar
Kegiatan pembelajaran berlangsung mulai 06.45 – 15.35. Guna memberikan layanan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan potensi siswa maka proses PBM dikemas dalam mengelompokkan / membagi siswa berdasar dominasi kecerdasan majemuknya (MI: Multiple Intelligence ) mulai dari kelas 3 sampai dengan 6. Kelas MI dimaksudkan sebagai sarana / kendaraan agar anak dengan potensi MI-nya dapat optimal menyerap materi PBM dan terbentuk sikap dan pola belajarnya yang efektif. MI yang dikembangkan di MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamonganmeliputi: Logic Mathematic, linguistic dan kinestetik.
Kegiatan pembelajaran berlangsung mulai 06.45 – 15.35. Guna memberikan layanan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan potensi siswa maka proses PBM dikemas dalam mengelompokkan / membagi siswa berdasar dominasi kecerdasan majemuknya (MI: Multiple Intelligence ) mulai dari kelas 3 sampai dengan 6. Kelas MI dimaksudkan sebagai sarana / kendaraan agar anak dengan potensi MI-nya dapat optimal menyerap materi PBM dan terbentuk sikap dan pola belajarnya yang efektif. MI yang dikembangkan di MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamonganmeliputi: Logic Mathematic, linguistic dan kinestetik.
Prinsip dan
strategi pembelajaran yang digunakan :
a. Learning is easy and fun
Belajar adalah mudah dan menyenangkan
b. All can and will learn
Semua anak dapat dan akan belajar
c. Continuous Progress
Tidak ada anak yang berhenti belajarnya
d. Menekankan “Learn how to learn”
Belajar bagaimana belajar
e. Active Learning
Belajar aktif atau belajar yang berpusat pada siswa.
a. Learning is easy and fun
Belajar adalah mudah dan menyenangkan
b. All can and will learn
Semua anak dapat dan akan belajar
c. Continuous Progress
Tidak ada anak yang berhenti belajarnya
d. Menekankan “Learn how to learn”
Belajar bagaimana belajar
e. Active Learning
Belajar aktif atau belajar yang berpusat pada siswa.