AHLAN WASAHLAN BIHUDLURIKUM-SELAMAT DATANG DI WEBSITE MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN | MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA IMAN DAN TAQWA | KELUARGA BESAR MI MURNI SUNAN DRAJAT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KESUKSESAN PADA KITA SEMUA | Hadits hari ini: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” | اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804] .

Saturday, November 1, 2014

Belajar melalui Out Door Learning/KTS (Kegiatan Tengah Semester) I


Pembukaan Kegiatan Business Day oleh Ustadz Dwi Atmojo


(28/10/2014) Sekolah yang menerapkan Full Day School sering mendapat sorotan sebagai sekolah yang meguras banyak waktu anak di sekolah. Sehingga rawan menjadikan siswa jenuh serta bosan seharian di sekolah. Namun MI Ma’arif NU Drajat Lamongan selalu berupaya memberikan yang terbaik dalam media pembelajarannya. Hampir di setiap jenjang memiliki inovasi pembelajaran yang cukup variatif. Sebagai salah satu contoh tema pembelajaran mengenal Pasar kelas 3. Tidak kehabisan cara agar pembelajaran menarik. Para pengajar membuat alternatif pembelajaran dengan cara mengajak para siswa untuk outdoor learning. Yaitu pembelajaran di luar sekolah yang berhubungan dengan tema pembalajaran yang sedang dipelajari. Yaitu mengamati langsung berbagai kegiatan yang ada di pasar Sidoharjo Lamongan

Business Day oleh Siswa-siswi kelas 6
Contoh lain adalah jenjang kelas 1, para pengajar pun tak kehabisan cara agar siswa tetap tenang bersekolah meski dalam kondisi full Day. Salah satunya dengan mengadakan outdoor learning. Para siswa diajak untuk mengenali lingkungan sekitarnya dengan cara belajar di alon-alon kota Lamongan.  Mayoritas siwa sangat antusias dan fun (senang). Meski demikian materi pembelejaran sesuai tema yang sedang dipelajaripun tetap bisa berjalan dengan baik.
Merujuk pada kurikulum 2k13 yang mengurai aktivitas secara ilmiah. Outdoorlearning menjadi salah satu metode yang cukup efektif dalam menerapkan kebutuhan dalam kurikulum 2k13. Dengan aktivitas pemebelajaran Outdoorlearning ini siswa bisa belajar langsung. Bahkan mereka antusias untuk mengajukan pertanyaan yang cukup kreatif dan menggali keterampilan mereka dalam identifikasi serta observasi. Hal yang tidak kalah penting saat ourdoorlearning adalah nilai-nilai, attitude serta kemampuan siswa agar menjadi siswa yang memiliki softskill yang berkaitan dengan kemandirian, tanggungjawab, leadership dan kerjasama.

Kunjungan Siswa-siswi di Kantor POS Lamongan
Bagi siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Outdoorlearning menjadi metode pelajaran yang sangat digandrungi. Dengan cara pembelajaran seperti ini, para siswa banyak terekplore kemampuan bertanya dan keberaniaannya. Bagi siswa yang visual, tentu menarik bagi mereka melakukan pengamatan langsung. Dan tentu tanpa mengurangi kemampuan sisw ayang audiotori dalam menyerap segala penjelasan ketika outdoorlearning. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan, untuk menjadikan outdoorlearning sebagai media pembelajaran alternatife yang efektif. Sehingga anak –anak senang ke sekolah, fun dan menyenangkan. Sehingga mempermudah siswa untuk memahami materi yang sedang dipelajari dengan baik.




Penyerahan Cindera mata oleh siswa kepada Kepala Kantor POS Lamongan


Kegiatan belajar di Studio CTV/Citra TV Lamongan


Kunjungan di Kantor Kecamatan Lamongan oleh siswa Kelas II


Belajar di Pasar Sidoharjo Lamongan


"Bu ini harganya berapa z?"


Pembelajaran di Alon-alon

Subscribe to this Blog via Email :

Peta MI