AHLAN WASAHLAN BIHUDLURIKUM-SELAMAT DATANG DI WEBSITE MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN | MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA IMAN DAN TAQWA | KELUARGA BESAR MI MURNI SUNAN DRAJAT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KESUKSESAN PADA KITA SEMUA | Hadits hari ini: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” | اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804] .

Sunday, April 3, 2016

Kunjungan MI Murni Sunan Drajat ke Markas Besar TNI AL Lanudal Juanda Surabaya




Pembelajaran untuk optimalisasi kecerdasan kognitif di kelas, idealnya diimbangi  dengan Pembelajaran Afektif dan Psikomotor dengan suasana beda dan dalam kondisi yang menyenangkan. Maka pada hari Kamis (17/3/16) siswa siswi Kelas 2 dan 3 MI Murni Sunan Drajat Lamongan, melakukan pembelajaran diluar kelas dalam bentuk CTL Program di Rumah Pintar dan Pangkalan TNI AU Juanda Surabaya. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 286 murid dan 27 guru pendamping, bertujuan untuk melatih Keberanian dan Kemandirian siswa agar mau mencoba hal-hal baru dan mampu melampaui tugas-tugas yang menguras energi motorik halus dan kasar.
Rombongan yang berangkat sejak pukul 06.30 WIB dari madrasah menuju lokasi Rumah Pintar (RP) di Juanda, dengan mencarter 6 armada bus, sekitar pukul 09.30 Rombongan sudah tiba di areal bermain RP, dan disambut petugas TNI AU. Anak-anakpun langsung turun dan diarahkan untuk melihat dari jauh. Acara dimulai dengan foto bersama dengan background pesawat tempur. Kemudian tim pemandu dari RP langsung memberikan semangat dan mengajak anak-anak bermain permainan ketangkasan seperti berjalan melalui jaring, yang dilanjutkan dengan pijak bambu goyang inul, dan bambu titian serta jaring laba-laba. Dan Alhamdulillah semua anak mau dan bisa melewati tantangan tersebut.
Sesi berikutnya anak-anak dipandu oleh petugas RP, memasuki rumah pintar dan langsung duduk dilantai dengan suasana dingin (ber AC) dan agak gelap, anak-anak diputarkan film berjudul ayo melawan nyamuk DBD, merekapun tampak asyik sekali film tersebut. Setelah itu, anak-anak digiring lagi keruang gambar dan mewarnai, dengan disiapkan kertas gambar dan crayon, anak-anak dengan ekspresif mewarnai sesuka hatinya. Dan acara berlanjut memasuki ruang Kerajinan karya anak bangsa, disini mereka melihat karya seperti batik, tenunan kain, sarung, lukisan dan masih banyak lagi. Dan terakhir memasuki ruang baca (perpustakaan), merekapun menikmati aneka buku yang menarik dan banyak jumlahnya,
Ketika matahari mulai tinggi, rombongan segera keluar dari RP, untuk melanjutkan kegiatan menyaksikan pesawat terbang di hanggar atau pangkalan udara TNI AU Juanda. Siswa pun dibagi menjadi beberapa kelompok dan dijelaskan beberapa jenis pesawat yang ada di shelter 400 ini. Pesawat latih untuk training pilot. Ada juga pesawat NOMAD buatan Australia untuk patroli maritime di perbatasan laut Indonesia. Dan terakhir ada CASSA CN 212 buatan Indonesia untuk dukungan pasukan dan logistic atau bantuan bencana dan menuju pulau terpencil. Sambil sesekali ada pesawat yang tiba dan pergi (terbang) dari Airport Juanda, menjadi tontonan alternatif anak-anak saat itu.
Menurut pemateri dari TNI AU, selaku konselor dan pemerhati anak, kegiatan kali ini luar biasa. Kegiatan semacam ini harus terus rutin diadakan. Tampak hari itu, anak-anak mengeksplor kehendaknya dengan tertawa, berteriak, bersemangat, benar-benar tampak asli mereka, beberapa memang memiliki kecerdasan kinestetik dan naturalnya. Banyak hal-hal baru yang mereka lihat dan rasakan, hal ini menjadi modal berharga yang tersimpan dimemori otaknya, dan kelak akan dibutuhkan dan bermanfaat untuk mereka tapi entah kapan seiring mereka beranjak dewasa, tegasnya. Dan Sekitar pukul 15.30 WIB acara berakhir dan panitia berpamitan. Kembali ke Bus dan meluncur pulang.

Sholat berjamaah di Masjid Lanudal Surabaya
Belajar memahami pesawat TNI AL








 

Subscribe to this Blog via Email :

Peta MI