AHLAN WASAHLAN BIHUDLURIKUM-SELAMAT DATANG DI WEBSITE MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN | MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA IMAN DAN TAQWA | KELUARGA BESAR MI MURNI SUNAN DRAJAT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KESUKSESAN PADA KITA SEMUA | Hadits hari ini: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” | اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804] .

Sunday, October 22, 2017

Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur, MI Murni Sunan Drajat gelar Business Day

Jum'at (29/09/17) mungkin menjadi hari yang sangat bersejarah bagi seluruh siswa-siswi kelas VI MI Murni Sunan Drajat Lamongan, karena pada pagi itu berlangsung kegiatan Business Day, hari dimana berlangsung kegiatan “jual beli”. 
Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 tersebut berlangsung sangat meriah yang dibuka oleh ketua PPAI kecamatan Lamongan Sujadi, S.Ag., dan melibatkan peran serta orang tua wali murid yang berperan sebagai juri.
 
Pada kegiatan Business Day siswa biasanya terlibat menjual dan membeli. Bahkan jauh-jauh hari siswa sudah terlibat menyiapkan rencana perdagangannya. Para siswa pada hari itu juga dibekali uang jajan maximal membawa Rp.10000 oleh orang tua. Tujuannya supaya ikut berbelanja makanan, minuman, souvenir atau lainnya yang dijual di Business Day.

Berbagai jenis makanan, minuman serta aksesories disajikan dan dijual di halaman sekolah dengan desain lokasi seperti pasar sederhana. Kegiatan itu bertujuan untuk melatih para siswa dalam berwirausaha dan menjadi entrepereneur yang mandiri dan berkarakter.

Dimana, antusias anak-anak sangat tinggi dalam kegiatan tersebut. Mereka juga dikenalkan bagaimana proses produksi, distribusi dan promosinya dalam berjualan.

“Ini kegiatan rutin, dimana anak-anak melakukan transaksi jual beli antar sesama teman dalam satu sekolah,” kata ustadzah Nihaya, ketua panitia kegiatan CTL tahun ini.

Sementara itu, ustadzah Azmil FR, selaku Waka Kesiswaan MI Murni, menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk pembelajaran anak-anak dan mengenalkan bagaimana berwirausaha yang baik. Tak hanya itu, nilai-nilai kejujuran dalam berwirausaha juga di tanamkan dalam kegiatan ini.

“Selama kegiatan, anak-anak didampingi ustad maupun ustadzah,” terang Azmil.
Ustazah Azmil, sapaan akrabnya menegaskan, dalam prakteknya mereka tidak hanya memikirkan keuntungan dalam berjualan. Akan tetapi, pelajaran dan sebuah pengalaman yang tidak terlupakan didapat dari kegiatan ini.

“Semua aktivitas berjualan dilakukan oleh siswa, dengan menjajankan produk yang dijualnya, hingga menghitung keuangan,”tegas ustazah Azmil ini. (humas)




Subscribe to this Blog via Email :

Peta MI