AHLAN WASAHLAN BIHUDLURIKUM-SELAMAT DATANG DI WEBSITE MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN | MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA IMAN DAN TAQWA | KELUARGA BESAR MI MURNI SUNAN DRAJAT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KESUKSESAN PADA KITA SEMUA | Hadits hari ini: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” | اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804] .

Thursday, June 4, 2020

MI MURNI SIAP DENGAN TANTANGAN BARU ( PANDEMI COVID 19 )




MADRASAH MAJU SIAP DENGAN TANTANGAN BARU
( PANDEMI COVID 19 )
MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN

Masa pandemi covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia ini harus disikapi secara bijak oleh pemerintah dan pelaksana pendidikan. Imbasnya, setidaknya menurut UNESCO sebesar 91% populasi siswa dunia telah mengalami masa belajar di rumah dan bukan lagi pergi ke Madrasah. Ustadz/ustadzah dan Madrasah semestinya memberi peran penting untuk memberi kepastian tentang pembelajaran yang seharusnya mereka dapatkan, serta melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun secara normal kegiatan Madrasah ada gangguan dengan pandemi ini.
MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan sebagai salah satu Madrasah Ibtidaiyah dengan jumlah siswa terbanyak di Kabupaten Lamongan, selama masa pandemi telah melakukan hal-hal yang diselaraskan dengan keadaan darurat ini. Untuk itu Madrasah menerapkan Kurikulum yang diharapkan pemerintah yakni dengan menerapkan Learn from Home (Belajar di rumah) bentuk dari penerapan Kurikulum Darurat yang diharapkan pemerintah ketika masa pandemi ini. Selama itu ustadz/ustadzah telah melaksanakan pembelajaran online dengan fasilitas yang ada seperti aplikasi google classroom, Whatshapp, google form, zoom, voice note, dan quzziz. Serta melakukan evaluasi berbasis daring menggunakan aplikasi tersebut. Bahkan pembiasaan karakter positif yang dilakukan siswa juga kami kontrol pada cecklist googleform yang dibuat dan biasa dilakukan setiap hari di rumah.Selain itu selama pandemi, ustadz/ustdzah juga aktif mengikuti seminar dan pelatihan melalui online (zoom) dengan subyek yang beragam untuk meningkatkan kapasitas keilmuan. Begitu juga aktifitas kegiatan spiritual keagamaan di Madrasah juga tetap kita lakukan sebagai bentuk ikhtiar agar semua keluarga Madrasah  terhindar dari wabah covid-19 yakni melaksanakan pembacaan Rotibul Haddad, Khotmil Qur’an dan kajian kitab “Nashoihud Diniyah”.





Terlepas dari dilaksanakannya pembelajaran formal di atas, siswa juga tetap melaksanakan pembelajaran Al Quran sesuai dengan terget mutu dari madrasah. Pembelajaran Al Qur'an  melalui media online Whatsapp yakni dengan cara ustadz/ustadzah membuat group whatshapp dan siswa mengirim setoran hafalan maupun belajar mereka setiap hari pada group tesebut dan ustadz/ustadzah memberikan feedback kepada siswa apabila ada kesalahan bacaan ataupun hafalan. Hal ini dilakukan agar ada pendampingan dalam belajar Al Quran selam masa pandemi covid-19 ini.

Kegiatan pembelajaran Al Qur'an : https://youtu.be/QgDDkAks6ZY



Pembelajaran dibulan Ramadhan juga tidak kalah serunya dengan ide-ide yang tidak pernah habis dituangkan oleh ustadz/ustadzah agar ananda tetap semangat dalam mendalami ilmu-ilmu agama selama bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut diisi oleh ustadz/ustadzah yang profesianal sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Ada beberapa materi yang ditampilkan di Youtube seperti : Amaliyah Ramadhan, Wudhu, Tayamum, Sholat fardhu, Sholat Jama’, Sholat Jenazah, merawat jenazah dan akhlak kepada orang tua. Adapun kegiatan yang lain seperti tadarus dan sholat tarawih dipantau memalui cacklist googleform yang dikirim oleh panitia kepada wali murid. Hasil dari pengisian tersebut akan diakumulasi oleh panitia bagi wali murid yang aktif mengisi dan melaksanakan tugas amaliah pada bulan Ramadhan akan diambil siswa terbaik dan mendapatkan reward dari Madrasah.

Materi Ramadhan 2020 M/1441H :
1. Yel yel ramadhan online : https://youtu.be/mQ-cgIw-VUo

2. Materi Amaliyah Ramadhan : https://youtu.be/eN-XR_mVkD8

3. Materi wudhu : https://youtu.be/8x-Mvyf-Mgw

4. Praktik wudhu : https://youtu.be/E9besSvvto0

5. Materi Fiqih Tayamum : https://youtu.be/_AlwVK5E9Mk


6. Praktik Tayamum : https://youtu.be/w_8gNQkXeKA

7. Materi Akhlak kepada orang tua : https://youtu.be/yRLkkwDfPaU

8. Materi sholat fardhu : https://youtu.be/aha7PR3AvlY

9. Materi merawat jenazah : https://youtu.be/AQMV86ul3WU


10. Materi sholat jama' qadar : https://youtu.be/KziyygWb8tU

11. Materi praktik sholat jenazah : https://youtu.be/xWZXvQOeLuw

12. Materi praktik sholat subuh : https://youtu.be/W-qCXJ811E4

13. Materi jama qadar takdim : https://youtu.be/NGZJ-u_u9kA

Pada masa new normal yang akan diwacanakan pemerintah, MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan telah merancang sebaik mungkin pembelajaran yang akan tetap dapat dilaksanakan oleh siswa dan ustadz/ustadzah dengan protokoler yang dipersiapkan dengan baik oleh Madrasah. Madrasah pun menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan dengan protokol kesehatan ketat yang dilaksanakan. Melakukan pembersihan menyeluruh pada sarana Madrasah, menyediakan tampat mencuci tangan disertai dengan sabun dan hand sanitizer masing-masing kelas, menyiapkan dan mengatur kursi dan bangku sesuai dengan keadaan darurat (physical distancing), dan memastikan semua ustadz/ustadzah dan siswa yang masuk dalam keadaan sehat.
Kurikulum yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi pandemi, baik pada saat tatap muka maupun daring. Pada setiap harinya siswa hanya akan fokus pada materi esensial dari 1 atau 2 mapel. Sementara aktivitas pembelajaran MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan  pada masa pandemi covid-19 aktivitas pembelajaran madrasah pada masa pandemi Covid berpedemoman pada Kalender Pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama, yaitu Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/ 2020 yang akan berakhir pada  20 Juni 2020 serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/ 2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020.
Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran madrasah dilaksanakan dengan berpedoman pada Panduan Kurikulum Darurat yg telah diterbitkan Kemenag RI, dengan demikian pembelajaran madrasah akan tetap menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan siswa, serta pelaksanaan pembelajaran bermutu akan tetap bisa dirasakan oleh siswa madrasah baik pada masa pemberlakuan PSBB maupun pada saat penerapan new normal. Pada setiap harinya siswa hanya akan fokus pada  materi esensial dari 1 atau 2 mapel pasangan dari Mata Pelajaran Utama, Pengembangan Diri, ataupun Peminatan.
Kepala MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan, dewan asatidz, serta karyawan di YMPS Sunan Drajat Lamongan mempunyai berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik pada pembelajaran siswa madrasah di masa Pandemi covid-19 ini, baik pada saat pelaksanaan new normal di madrasah. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan pada masyarakat terhadap kelanjutan pendidikan putra-putrinya di MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan.

Kalam Ramadhan : 



































Subscribe to this Blog via Email :

PROFIL PERPUSTAKAAN ISTIQOMAH